BlogRoll 2

Rabu, 05 November 2014

Candi Kidal

Candi Kidal


Candi Kidal, adalah candi peninggalan yang lain dari dinasti Singhasari dan merupakan candi Hindu yang berada di Kabupaten Malang. Candi Kidal terletak di Desa Rejokidal, kecamatan Tumpang, 20 Km sebelah timur kota Malang.


Layaknya candi-candi di Jawa Timur, Candi Kidal di bangun sebagai tempat persemayaman Raja Anusapati, yaitu raja kedua dari kerajaan Singhasari, yang wafat pada tahun 1248 M, dan diperkirakan candi di bangun pada tahun 1260 M.

Pada awal penemuannya, candi Kidal ditemukan oleh pihak Belanda pada tahun 1925. Hal ini terbukti dengan tersimpannya arca Siwa, yang seharusnya berada di candi Kidal, telah tersimpan di Royal Tripical Institute Amsterdam.

Candi yang memiliki relief dengan cerita Garudeya yang yang berisi pesan moral pembebasan dari perbudakan. Candi ini memiliki 3 relief Garuda; Garuda yang menggendong 3 ular besar, Garuda dengan kendi di atas kepalanya, dan Garuda yang menyangga seorang wanita diatasnya. Tepat di atas pintu masuk candi serta bilik-biliknya terdapat kepala kala yang merupakan salah satu aspek Dewa Siwa yang dikenal sebagai penjaga bangunan suci. Menurut para ahli sejarah, Candi Kidal merupakan candi tertua pada periode peninggalan Jawa Timur.. Material utama candi Kidal ini adalah batu andesit dengan dimensi geometris vertikal.

1 komentar:

Wah, suka ke candi-candi juga ya?

Mampir juga ke blog saya di http://www.malangartchannel.com/2016/07/sejarah-candi-kidal-sudah-lupa.html

Posting Komentar

 
Design by fthemes
Bloggerized by Seo Lanka and Blogger Template