BlogRoll 2

Rabu, 05 November 2014

Candi Singasari

Candi Singasari


Candi Singhasari atau Singosari adalah salah satu candi yang berada di kabupaten Malang. Candi Singhasari adalah candi bersejarah peninggalan kerajaan Singhasari dan merupakan candi Hindu รข€“ Budha. Candi ini terletak di Desa Candirenggo, kecamatan Singosari, dan ditemukan pada awal abad 18, yaitu sekitar tahun 1800-1850.


Pada awal penemuan, pihak Belanda memberi nama candi ini sebagai candi Menara karena bentuknya yang menyerupai menara.Seorang ahli purbakala dari Eropa menyebutnya Candi Cella, karena candi ini memiliki 4 celah pada dindingnya. Masyarakat sekitar sempat menyebut candi ini dengan Candi Cungkup. Tapi pada akhirnya candi ini terkenal dengan nama Candi Singosari sampai sekarang.

Keunikan Candi Singosari ini terletak dalam cara pembuatannya yaitu dengan menumpuk batu andesit hingga ketinggian tertentu, selanjutnya diteruskan dengan mengukir batuan ini dari atas ke bawah. Candi yang mempunyai bentuk bujur sangkar ini merupakan warisan sejarah yang bersifat campuran Siwa-Budha. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa arca dewa/dewi di halaman candi yang kebanyakan sudah tidak utuh lagi. Di dalam bangunan candi sendiri terdapat lingga dan yoni. Candi Singosari mempunyai banyak ukiran, arca, serta relief. Di sebelah barat candi terdapat 2 arca Dwarapala yang menjaga komplek kerajaan. Namun sayangnya sebagian besar arca yang ditemukan di Candi Singosari ini berada di Institut Tropika Kerajaan, Leiden, Belanda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by fthemes
Bloggerized by Seo Lanka and Blogger Template