BlogRoll 2

Sabtu, 01 November 2014

Ijen Boulevard

Ijen Boulevard

Ijen Boulevard dahulunya merupakan kompleks elit orang Belanda. Dari sisi desain, lansekapnya sangat bagus dan sangat diperhitungkan sekali penataannya seperti komplek bangunan, pedestrian, jalan, maupun median jalan. Jalan ini membentang sepanjang hampir 2 km dimulai dari jalan Bundaran Simpang Balapan dan berakhir di perempatan jalan Kawi.


Jika kita melewati jalan ini, kita akan disuguhi oleh jajaran pohon palem raja dan median jalan penuh bunga yang perdu. Dengan jalan yang cukup lebar kita bisa lebih leluasa menikmati pemandangan dari kendaraan sewaktu melewatinya. Tak dipungkiri keindahan Ijen Boulevard menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung yang melewatinya. Konon Ijen Boulevard juga menjadi panduan bagi boulevar-boulevar yang terkenal di dunia, karena banyak orang luar yang meneliti desain boulevard ini.

Festival Malang Kembali

Setiap tahun pada bulan-bulan terakhir jalan ini dijadikan sebagai tempat sebuah kegiatan rutin yang menjadi ikon wisata terbaru kota Malang yaitu Event Malang Tempoe Doeloe atau Malang Kembali. Merupakan acara tahunan yang dilaksanakan setiap menjelang peringatan Ulang Tahun Kota Malang yaitu pada tanggal 1 April. Acara ini diadakan selama 1 minggu bertujuan untuk mengajak masyarakat dan wisatawan bernostalgia dengan kehidupan Kota Malang pada Tahun 1947. Jalan Ijen ditutup untuk semua jenis kendaraan modern mulai dari Bundaran Simpang Balapan sampai di ujung Jalan Kawi. Ruas jalan dibagi menjadi 3 blok yaitu, blok perjuangan, blok tradisi dan blok kolonial. Acara yang ditawarkan di dalamnya seperti Pameran Foto dan arsip dokumentary, panggung hiburan tradisional, terminal mobil dan kendaraan antik, keliling ijen naik dokar, pengobatan gratis, pasar jajanan rakyat, mainan dan permainan anak tempo dulu, layar tancap dokumenter, foto kuno raksasa, lomba kostum, puisi dan lagu anak tempo dulu.






Pada saat kegiatan, jalan Ijen akan ditutup total selama satu minggu untuk kendaraan, hanya boleh untuk para pedestrian. Sepanjang jalan akan dipenuhi dengan stan-stan dan toko-toko dadakan yang menjual aneka jajanan dan cinderamata tempo dulu serta panggung-panggung hiburan dan atraksi-atraksi menarik lainnya. Di event ini anda bisa menemukan aneka jajanan khas Malang yang sudah hampir punah seperti es Bandul Tali Merang, Gelali, Gula Kapuk, Arbanat dan masih banyak yang lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by fthemes
Bloggerized by Seo Lanka and Blogger Template